Benarkah Game online hanya menimbulkan dampak negatif?


Benarkah game hanya menimbulkan dampak negatif?Game online sudah menjadi suatu kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi anak-anak dan remaja yang gemar menjelajah dunia. Apalagi saat ini sebagian besar orang tua selalu melarang anaknya bermain game online. Pasalnya para orang tua selalu beranggapan bahwa game online hanya membuat anak malas belajar dan begadang. Namun tahukah mereka bahwa saat ini game terkadang disebut dengan olahraga dan sering juga disebut dengan E-sports? Ya, di tahun 2023 ini sekarang akan banyak sekali cabang E-Sports seperti Mobile Legend, PUBG, Fire Fire, dll dan setiap gamenya akan ada turnamen berkelas nasional bahkan internasional.

Memang benar bahwa game online mempunyai dampak negatif dan positif, namun hal ini juga bergantung pada bagaimana anak mengolah dan mengatur waktu yang ia habiskan untuk bermain. Permainan mempunyai dampak positif jika anak dapat membagi waktunya antara kehidupan nyata dan permainan. Permainan hanya akan memberikan dampak buruk bagi anak karena mereka tidak bisa mengatur waktunya sendiri. Berikut beberapa dampak negatif bermain game tanpa mengenal waktu:


1. malas Jika kamu bermain game tanpa mengenal waktu, kamu akan menjadi malas dalam hal lain selain game.

2. Itu boros Selain membuang-buang waktu, sebagian besar anak juga membuang-buang uang dengan bermain game untuk mengisi ulang atau membeli item dalam game.

3. Sakit Karena terlalu sering bermain game, kita sering mengabaikan kesehatan seperti makan tidak teratur dan istirahat, sehingga berdampak pada kesehatan kita.

Selain aspek negatif di atas, game juga terbukti memiliki aspek positif. Mari kita lihat selanjutnya:


1. Latihan kerja sama tim
Karena game merupakan permainan yang dimainkan secara real time dengan membentuk tim bersama pemain lain dari berbagai negara, secara tidak langsung melatih kekompakan tim saat bermain.

2. Komunikasi Untuk memenangkan permainan online, Anda perlu berkomunikasi dengan rekan satu tim Anda.

3. Hasilkan uang Ternyata game online juga bisa menghasilkan uang dengan memenangkan kompetisi atau turnamen yang diselenggarakan oleh game tersebut.

Simak kisah tim Mobile Legends EVOS LEGENDS. Pemain yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang M1 Championship International Championship. Anggotanya terdiri dari 5 anak muda yang hobi bermain game online namun bisa mengharumkan nama negara: WANNN, LUMINAIRE, OURA, DONKEY, dan REKT.

Tinggalkan Balasan